Stop Produksi Mobilio, Honda Siapkan WR-V

- July 16, 2017
Nasib tragis dialami produk Multi Perpose Vehicle (MPV) buatan Honda yakni Mobilio. Penjualan yang tidak bagus membuat Honda memutuskan untuk menghentikan produksi dan penjualan Mobilio di India.

Honda Mobilio pertama kali diluncurkan di India pada Juli 2014. Saat itu, Honda Cars India Limited selaku distributor Honda di India berharap pesaing Suzuki Ertiga tersebut dapat mendulang sukses dan menjadi salah satu tulang punggung penjualan Honda seperti yang terjadi di Indonesia dan beberapa negara berkembang lain.


Namun persaingan pasar otomotif di India berkata sebaliknya. Mobilio kalah bersaing dengan produk MPV serupa seperti Maruti Suzuki Ertiga dan juga Renault Lodgy. Bahkan penjualan Mobilio baru mampu menembus angka 50 ribu unit selama kurang lebih 3 tahun lamanya.

Meski begitu, dilansir dari Cardheko beberapa dealer resmi Honda masih menjual Mobilio. Namun Mobilio yang dipasarkan hanya menghabiskan stok dan merupakan rakitan tahun 2016. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan Honda kembali akan memproduksi dan menjual Mobilio di India di masa yang akan datang.

Hal tersebut diungkapkan salah seorang petinggi Honda India yang menyatakan memang produksi Mobilio telah dihentikan. Mobilio facelift yang diperkenalkan awal tahun ini dengan beberapa perubahan tengah menjadi bahan pertimbangan mereka apakah akan kembali memproduksi dan memasarkan low MPV Honda tersebut di India atau tidak.


Menariknya, menggantikan Mobilio di India, Honda menyiapkan satu produk baru yang bernama Honda WR-V. Mobil ini pertama kali diperkenalkan Honda di Brasil awal tahun lalu. WR-V hadir dengan menggunakan basis platform yang sama dengan Honda Jazz, berarti masih satu platform juga dengan Honda HR-V.

Dilihat dari tampilannya, WR-V lebih mirip Jazz ketimbang HR-V. Terutama dari guratan garis di sisi samping dan lampu belakang yang senada, meski sedikit dibedakan.

Aksesoris penunjang tampilan ala SUV (crossover) membuat WR-V tampil lebih gagah dan berotot. Aksesoris seperti roof rail, overfender, serta pelek alloy 16-inci dengan ban berprofil tebal menunjang wujud WR-V sehingga terlihat layaknya crossover yang sesungguhnya.
Advertisement

 

Start typing and press Enter to search