Mobil Toyota Calya Tulungagung

- July 27, 2017
Spesifikasi dan Fitur Toyota Calya

 Mendekati akhir 2013, kerjasama PT Toyota Astra Motor (TAM) serta PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali hasilkan product kembar ketiganya, yakni Astra Toyota Agya serta Astra Toyota Ayla. Ada yang menarik dari penamaan kedua product ini, mengingat keduanya mengusung merk Astra dimuka merk 'asli' mereka.

Ya, hal semacam ini dikerjakan karna kedua product baru ini ikuti skema Low Biaya Green Car (LCGC) yang diputuskan pemerintah jadi product mobil dengan harga terjangkau serta ramah lingkungan. Waktu itu, baik Agya ataupun Ayla dikenalkan jadi satu hatchback mungil memiliki 5 penumpang yang diklaim mempunyai mengkonsumsi bahan bakar tambah baik dari 20 km/liter dengan harga yang di tawarkan mulai dibawah Rp 100 juta.

Toyota New Calya
Toyota New Calya
Berselang tiga tahun lalu, satu berita paling baru muncul diakhir kuartal pertama 2016, yang mengabarkan kelahiran spesies baru LCGC kerjasama Daihatsu serta Toyota. Dalam website Tanda Pendaftaran Type Kendaraan Bermotor Kementrian Perindustrian (TPT On-line), PT Astra Daihatsu Motor mendaftarkan satu nama Toyota B410RA-GMQFJ pada tanggal 11 April 2016.

Hal semacam ini makin diperkuat dengan mengedarnya photo bocoran yang mendatangkan sosok satu MPV baru berlogo Burung Garuda, sama dengan punya Agya. Spekulasi juga makin mendekati fakta kalau MPV ini yaitu satu LCGC. Tidak lama, satu sumber mengatakan kalau nama MPV baru ini yaitu Toyota Calya, di mana kata Calya sendiri datang dari bhs Sansekerta yang bermakna 'tanpa cacat' atau 'sempurna'.

Dengan sosoknya yang lebh besar dibanding Agya, telah bisa di pastikan bila MPV LCGC ini bisa mengusung 7 penumpang didalam kabinnya. Serta ya, pada akhirnya kami merasakannya segera waktu coba mobil ini di lokasi Jawa Tengah, September 2016 kemarin. Bagaimana rasa-rasanya? Simak selalu.
Eksterior

Bila lihat sisi depannya, terdapat banyak ketidaksamaan dengan saudara kandungnya, Agya. Berwajah juga berpedoman bhs design 'keen look' seperti keluarga Toyota yang beda. Lampu depan bersudut tajam, serupa dengan sang kakak, Toyota Avanza. Dibagian tengah, ada grille dengan logo 'Burung Garuda' dibagian tengah, menyambung dengan bumper di bawahnya yang mempunyai lubang udara berupa trapesium.

Dari samping, terlihat bila tubuh Calya memperoleh penambahan dibagian belakang. Dengan berbasiskan A Basis yang didesain oleh Daihatsu, Calya mempunyai dimensi panjang 4. 070 mm. Jadi perbandingan, Datsun GO+ Panca sebagai pesaing paling dekatnya mempunyai panjang 3. 995 mm. Sesaat untuk jarak sumbu roda (wheelbase) ada di angka 2. 525 mm.

Di seperempat sisi akhir dari tubuhnya, Calya menghadirkan sosok yang serupa dengan GO+ Panca, hal semacam ini terlihat dari bentuk kaca samping belakangnya. Meskipun demikian yang cukup mengagetkan dibagian buritan yaitu konfigurasi lampu belakangnya yang serupa dengan punya sang Kakak, Toyota All-new Kijang Innova. Lampu belakang berupa huruf 'L' terbalik dengan reflektor horizontal yang terdapat di pintu bagasi.

Interior

Interior Calya cukup buat kerasan dilihat. Sepanjang Anda tidak keberatan dengan kwalitas material interior yg tidak dapat disebut paling baik (ingat, ini mobil LCGC), jadi Calya juga akan buat Anda kerasan.

Seperti Agya (serta Ayla) yang kabinnya bisa disebut cukup lega untuk satu hatchback berdimensi mungil. Calya juga sekian. Kuncinya ada dari susunan busa tempat duduk yang bisa disebut tidak tebal. Khusu untuk baris ketiga, memanglah dua orang dewasa Asia juga akan cukup ada di situ. Tetapi berharap diingat, wheelbase-nya cuma 2, 5 meter, jadi janganlah mengharapkan juga akan kerasan terlalu lama dibagian ini.

Satu hal yang juga akan buat sedikit nyaman penumpang baris ketiga yaitu, kursi baris kedua yang dapat dimaju-mundurkan. Bahkan juga sampai tempat kursi kedua ada paling maju juga, asal ukuran kaki Anda masih tetap 'standar asia', ruangan kakinya merasa cukup. Yang menarik sekali lagi yaitu waktu baris ketiga ditegakkan, Anda masih dapat menaruh koper memiliki ukuran menengah disitu.

Untuk feature yang ditawarkan didalam kabin, Calya mesti dapat acungan jempol. Toyota serta Daihatsu menjejalkan mobil ini dengan feature yang menarik seperti audio 2-DIN yang dapat lakukan koneksi bluetooth, MID dihadapan pengemudi yang informatif, dan banyak ruangan penyimpanan.

Lebih dari itu, feature keselamatan cukup komplit untuk satu LCGC. Pertama, Anda juga akan temukan sepasang airbag untuk pengemudi serta penumpang depan. Diluar itu, ada tujuh seatbelt di mobil ini, dengan kata lain semuanya penumpang dapat terikat di kursi dengan aman. Belum juga cukup, ada dudukan ISOFIX untuk mengikatkan kursi balita di baris kedua.

Mesin & Chassis

Dibalik kap mesinnya, Calya diperkirakan mengusung mesin 3NR-VE memiliki 1, 2 liter. Mesin 4-silinder segaris ini sudah mempunyai tehnologi Dual VVT-i sama dengan mesin Toyota Yaris yang di pasarkan di Thailand. Mesin 16 katup DOHC ini dapat hasilkan tenaga puncak sampai 88 PS serta torsi maksimum 108 Nm.

Pemakaian mesin 1, 2 liter ini adalah batas kemampuan maksimum dari regulasi masalah mobil LCGC di Indonesia. Sesaat untuk mengantarkan daya yang dibuat mesin itu ke roda penggerak depan, Toyota berikan pilihan transmisi manual 5-speed atau automatis 4-speed.

Sedang di keempat kakinya, susunan suspensi yang dipakai telah berdiri sendiri dibagian depan, dengan memakai MacPherson Strut. Sesaat dibagian belakang Semi Independent Torsion Beam, keduanya dipasangkan dengan per ulir yang buat peredamannya merasa cukup lembut, sekalian menyokong mobil ketiga bermanuver.

Untuk rem, dibagian depan memakai rem cakram berventilasi serta di belakang masih tetap rem tromol. Tampak umum saja, memanglah, tetapi Calya sudah diberi dengan system pengereman ABS yang buat roda tidak mengunci waktu pengereman keras. Akhirnya mobil masih tetap dapat dikendalikan waktu pengereman sesuai sama itu.

Sesaat untuk ukuran velg yang dipakai yaitu velg alloy 14 inchi, dengan ukuran ban 175/65.

Varian & Harga

Toyota Calya mempunyai dua varian E serta G. Walau tidak tutup peluang juga akan ada varian teratas berbalut nama TRD Sportivo, tetapi nampaknya hal itu juga akan keluarkan variannya dari teritori LCGC.

Varian-varian itu memperoleh pilihan transmisi manual 5-speed atau automatis 4-speed, dengan harga paling mahal Rp 150 juta (Caya G transmisi automatis).

TIM MARKETING MOBIL GRES TULUNGAGUNG

MAU TANYA-TANYA BISA BISA
Whatsapp : 0857.0450.2121
Website : http://www.mobilgres.com
Format : Nama,alamat,tanya harga mobil idaman anda
Misal : Agus, desa plosokandang tulungagung,harga cash mobil swift

Jika mau tanya yang lain nya bisa juga yang penting ketika pertama kali bertanya nama dan alamat nya di sertakan.
Advertisement

 

Start typing and press Enter to search